Pemkab Bangka Barat Agendakan Rebo Kasan Dalam Kalender Pariwisata

Simpang Teritip — Adat istiadat merupakan ciri khas suatu daerah yang melekat sejak dahulu kala dalam diri masyarakat yang melakukannya. Pun begitu halnya dengan di Provinsi Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Di kabupaten ini, ada salah satu pesta rakyat yang dikenal dengan Pesta Adat Rebo Kasan.

Sebagai pelengkap informasi, pesta adat rebo kasan, biasanya diselenggarakan setiap minggu terakhir di bulan syafar, sementara tujuan Rebo Kasan ini, adalah sebagai wujud meminta keselamatan atau tolak bala kepada Allah SWT.

Berlokasi di Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang teritip, kali ini Pemkab beserta masyarakat setempat menyelenggarakan pesta tersebut, dengan titik pusat kegiatan, di pantai Ketapang Desa Air nyatoh, 15/11.

Pesta Rakyat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH, merupakan ungkapan rasa hormat pihak Pemkab Babar, terkait absennya Bupati Bangka Barat, Parhan Ali, yang sedang menjalankan tugas luar daerah.

” Di kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Desa Air nyatoh, karena sudah mempertahankan dan sudah melestarikan adat istiadat seperti ini, dan ini harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan.” kata Wabup, sesaat sambil menyampaikan sambutan Bupati.

Kemudian diakui olehnya, ini merupakan kali kedua dirinya menghadiri kegiatan Rebo Kasan, dan dirinya juga berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa air nyatoh. ” Ke depannya, semoga menjadi salah satu kalender pariwisata di Kabupaten Bangka Barat, dan dapat menjadi agenda tahunan.” harapnya.

Di kesempatan yang sama , Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bangka barat, Drs. Ichsan Saufani mengatakan Pesta Adat Rebo Kasan ini, dalam perkembangannya, sudah dimasukkan dalam kalender Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. ” Jadi silahkan masyarakat Desa kembangkan potensi lainnya, yang ada di Desa ini khususnya di dunia pariwisata, ” tukasnya. (*)

source : Humas Pemkab Babar
editor : LH

REKOMENDASI :

Cegah Kasus Predator Anak Terulang, Kapolres Basel...

Dibaca 70

Ini Jadwal Sim Goes To Island Di Kota Pangkalpinan...

Dibaca 19

Izin KIP Di Beltim Dapat Dicabut Gubernur

Dibaca 212

Akew alias Alim Akhirnya Ngaku Sebagai Predator An...

Dibaca 242

2018 Pangkalpinang Miliki RSUD Berkonsep Green Hos...

Dibaca 27

Ario : ” Sah-sah Saja Sebagai Sarana Menyamp...

Dibaca 37

Disinyalir Ada Mafia Harga Lada

Dibaca 127

Pelaku Pencabulan Anak Di Bangka Selatan Akhirnya ...

Dibaca 207

Click to comment

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.