Awas! Asap Minyak Goreng Picu Kanker

Awas! Asap Minyak Goreng Picu Kanker

KENDARIPOS.CO.ID — Minyak goreng adalah salah satu instrumen memasak yang paling banyak di gunakan di dapur-dapur. Namun sadarkah Anda bahwa ada bahaya yang mengintai dari penggunaannya? Perlu diketahui bahwa ketika lemak dan minyak terkespos pada panas tinggi yang dihasilkan wajan atau perangkat masak lainnya, dapat merusaknya.

Seperti kebanyakan minyak sayur yang juga ketika terlalu panas, dapat menghasilkan zat berbahaya seperti lipid peroxide dan aldehyde yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan sel kanker. Dilansir Authority Nutrition, bahkan dengan hanya menghirup asap yang dihasilkan dari penggunaan minyak jenis ini, juga dapat berkontribusi terhadap resiko seseorang terkena kanker paru-paru.

Sebab itu, pemilihan jenis minyak goreng sangatlah esensial dalam mendukung pola hidup sehat dan terbebas dari resiko penyakit mematikan. Agar terhindari dari resiko di atas, pakar nutrisi Kris Gunnar menyarankan untuk menggunakan virgin olive oil sebagai alternatif terbaik.

Virgin olive oil, kata Gunnar, tidak hanya memiliki titik asap yang tinggi (tidak mudah berasap ketika dipanaskan), namun juga mengandung zat bioaktif, termasuk antioksidan dan Vitamin E yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang berbahaya.(ruf/fajar)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.