Rebut medali emas, atlet gay catat sejarah di Olimpiade

Rebut medali emas, atlet gay catat sejarah di Olimpiade

Media playback tidak ada di perangkat Anda

Aksi atlet selancar es Kanada yang memenangi Olimpiade Musim Dingin.

Atlet Kanada Eric Radford mencatat sejarah sebagai atlet yang mengaku gay secara terbuka pertama yang meraih emas Olimpiade Musim Dingin.

Radford mengaku 'meledak dalam kebanggaan' setelah meraih emas dalam nomor figure skating beregu bersama pasangannya Meagan Duhamel.

Peselancar AS Adam Rippon, atlet gay terbuka pertama yang masuk tim Olimpiade Musim Dingin AS, memenangkan perunggu di nomor yang sama yang berlangsung di Gangneung Ice Arena.

Kim Jong-un memuji dan berterima kasih pada Korea Selatan Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tiba di Korsel untuk Olimpiade 'paling dingin' Pimpinan grup musik perempuan Korut mengepalai tim inspeksi Olimpiade

Setelah kemenangannya, Radford, 33, menulis di Twitter: "Ini luar biasa! Saya sungguh merasa seperti mau meledak dalam kebanggaan."

Kemudian, dia mencuitkan foto bersama Adam Rippon, keduanya sedang tersenyum dengan menambahkan tagar"#outandproud" -melela dan bangga.

Hak atas foto Andreas Rentz/Getty Images Image caption Peraih medali emas (dari kiri ke kanan) Patrick Chan, Gabrielle Daleman, Kaetlyn Osmond, Meagan Duhamel, Eric Radford, Tessa Virtue dan Scott Moir.

Mantan atlet Kanada dan advokat LGBT, Mark Tewksbury, yang memenangkan medali emas renang pada tahun 1992, mengirim ucapan selamatnya.

"Akhirnya pada 2018 seorang pria gay terbuka berada di puncak podium," katanya. "Tidak ada lagi pengucilan untuk atlet LGBT!!"

Beberapa dekade sebelum Radford dan Rippon, atlet gay Inggris, John Curry memenangkan medali emas skating di Olimpiade Musim Dingin 1976 di Innsbruck. Tapi seksualitasnya tidak diumumkan, sampai kemudian diungkapkan oleh sebuah surat kabar Jerman tak lama kemudian.

Ethan Stables: Kisah seorang teroris biseksual yang pernah membenci LGBT Bisakah nama stadion tenis diganti terkait sikap anti LGBT? Imam gay Australia klaim banyak dimintai bantuan oleh LGBT Muslim Indonesia

Banyak pengguna Twitter mempertanyakan apa bedanya jika Radford gay atau straight.

"Mengapa seksualitasnya penting? Yang penting dia adalah atlet yang memenangkan medali," tulis seorag pengguna.

Yang lain menjawab: "Itu hal penting bagi orang-orang yang secara absah dilanda ketakutan akan kehilangan pekerjaan atau disiksa jika mereka terbuka tentang menjadi gay. Bila orang bisa mencapai puncak di bidangnya tanpa menyembunyikan seksualitasnya, akan memberikan harapan."

Atlet Amerika, Rippon, menekankan pentingnya mengungkapkan seksualitasnya, setelah hal itu menjadi pemberitaan di AS.

"Menjadi gay tidak pernah menjadi masalah besar bagi saya, oleh karena itu agak lucu bahwa saya mendapatkan semua perhatian tentang hal ini," katanya kepada majalah GQ.

Banyak yang sebelumnya tak tahu menahu tentang Olimpiade Musim Dingin ini, jadi memberikan perhatian khusus gara-gara kemenangan pemuda berusia 28 tahun ini. Salah satunya, bintang Hollywood Reese Witherspoon.

Dan apa kata aktris itu? Inilah yang ditulisnya di Twitter:

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.