Matt Damon dikecam untuk komentar soal pelecehan seksual

Matt Damon dikecam untuk komentar soal pelecehan seksual
Matt Damon Hak atas foto Getty Images

Matt Damon dikecam karena dianggap tidak peka akan komentar terbarunya soal pelecehan seksual di industri hiburan.

Aktor dan penulis itu jadi bulan-bulanan di media sosial karena terkait berbagai sorotan terhadap pelecehan di Holywood, ia mengatakan bahwa publik seharusnya lebih memperhatikan para (bintang) pria yang bukan predator seksual.

"Meski kita dalam momen banjir seperti ini, dan ini bagus, tapi menurut saya satu hal yang tidak dibicarakan adalah... banyaknya jumlah pria yang bekerja dengan saya yang tidak melakukan hal ini," katanya dalam wawancara untuk mempromosikan film terbarunya, Downsizing.

Dalam wawancara dengan Business Insider awal pekan ini, Damon menekankan bahwa pria-pria yang tidak terlibat kasus pelecehan seksual tidak mendapat perhatian.

Salma Hayek: Harvey Weinstein mengancam membunuh sayaSable Yu, aktris asal Indonesia yang 'dilecehkan' sutradara Inggris di Hong Kong

Selasa (19/12) kemarin nama aktor tersebut menjadi tren di Twitter karena pernyataannya itu, selain juga beberapa pernyataannya sebelumnya.

Banyak pengguna media sosial yang mengecam aktor itu karena seakan menganggap bahwa tidak menjadi predator seksual adalah sebuah pencapaian tersendiri.

Ini bukan pertamanya Damon berkomentar soal pelecehan seksual menyusul tuduhan berbagai pemerkosaan dan pelecehan atas produser film Hollywood, Harvey Weinstein.

Pekan lalu, dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Damon mengatakan bahwa menggerayangi dan pemerkosaan adalah dua hal berbeda dan tak seharusnya diperlakukan sama.

"Ada perbedaan antara menepuk seseorang di pantatnya dan pemerkosaan atau kekerasan seksual pada anak, kan?" kata Damon pada Popcorn di ABC bersama Peter Travers.

"Jelas, dua perilaku ini harus dicela dan dibasmi, tapi tak harus disamaratakan, kan?

Aktris Rose McGowan, yang menuduh Weinstein melakukan pemerkosaan, menyebut Damon 'dungu' akan komentar terbarunya.

Aktris-aktris lain juga angkat suara. Termasuk aktris Minnie Driver yang bermain bersamanya di Good Will Hunting, yang mengatakan bahwa Damon "sangat buta nada" akan topik itu - dan juga Debra Messing dan Alyssa Milano, dalam cuitan berkait di Twitter.

Meski ada banyak reaksi yang mengecam Damon, ada juga beberapa pembelaan atas komentarnya.

Damon sebelumnya pernah mendapat sorotan setelah mencuatnya tuduhan terhadap Weinstein.

Dia dituduh mencoba mencegah pemberitaan tentang kelakuan Weinstein saat diselidiki oleh seorang wartawan pada 2004.

Sharon Waxman mengatakan bahwa pada waktu itu dia tengah mendalami rumor tentang seorang karyawan Weinstein di Italia yang memasok perempuan untuk Weinstein. Menurutnya, Matt Damon dan Russel Crowe menelponnya untuk membela si karyawan itu.

Hak atas foto REX/Shutterstock Image caption Damon bekerja dengan Weinstein dalam beberapa film termasuk Good Will Hunting.

Namun Damon membantah. Menurutnya, dia tidak mengetahui detil tuduhan tersebut. "Saya tidak akan pernah sekalipun mencoba mematikan berita seperti itu," katanya pada Deadline.

Waxman yang saat itu bekerja untuk New York Times kemudian tak bisa menerbitkan beritanya terkait perilaku seksual Weinstein.

Kasus Harvey Weinstein: Lebih dari 50 perempuan menjadi korban pemerkosaanCerita korban Harvey Weinstein: 'Awalnya memijat, kemudian memperkosa saya'

Oktober lalu, Damon dan George Clooney, dalam sebuah wawancara bersama, mengatakan bahwa Weinstein, yang memproduseri film-film paling sukses mereka, adalah seorang bully.

Damon juga mengatakan bahwa "perilaku predator seksual dalam yang terjadi ini tingkatannya jauh dari yang saya sangka".

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.