Pelayanan Puskesmas di Wakatobi Belum Memadai

Muliaddin

KENDARIPOS.CO.ID — Selain fasilitas dan sarana, pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh Kabupaten Wakatobi diakui belum maksimal. Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi tengah mengupayakan pelayanan maksimal pada 20 Puskesmas yang ada.

Dinkes Wakatobi terus berupaya melakukan pembenahan. Meski tak serentak, perbaikan dilakukan secara bertahap. Mulai dari peningkatan pelayanan, pengadaan ambulans hingga peningkatan sumber daya manusia (SDM). Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dinkes Wakatobi, Muliaddin, mengakui, sarana dan fasilitas yang kurang memadai menjadi salah satu faktor penting segera diupayakan.

Apalagi menyangkut pelayanan kesehatan tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. “Perlu kita tahu bahwa peningkatan fasilitas sebagai penunjang pelayanan. Makanya kita sudah upayakan setiap tahun selalu ada perbaikan,” ungkapnya. Di Wakatobi hingga saat ini baru memiliki 15 unit kendaraan ambulans. Masih ada beberapa Puskesmas yang belum dilengkapi fasilitas tersebut. Meski masih banyak keterbatasan, namun diakui bukan berarti menjadi kendala para tenaga medis bekerja di lapangan.

“Kita tahu bahwa keterbatasan anggaran menjadi salah satu alasannya. Tapi, kita tidak tutup mata dan akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal,” pungkasnya. (c/thy)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.