AKBP Hamdani Yoesha : Operasi Zebra 2017 Pembelajaran Cara Berlalu Lintas yang Baik

Oleh Yadi

AKBP Hamdano Yioesha- spektrum

SERANG, AMUNISINEWS.COM – Kepolisian Republik Indonesia selama 2 pekan akan menggelar oprasi Zebra secara serentak seluruh Indonesia. Operasi dimulai Rabu ( 1/11/ 2017) hingga Selasa (14/11/2017)

Kabagbinops Ditlantas Polda Banten AKBP Hamdani Yoesha,  yang  ditemui wartawan amunisinews di kantornya mengatakan bahwaoperasi ini

sesuai dengan Agenda Korps Lalu lintas Polri, bahwa polisi Lalu Lintas se-Indonesia akan menggelar oprasi lalu lintas bersandi Zebra atau Oprasi Zebra.

Rencana Oprasi Zebra telah disampaikan sejumlah Polda, termasuk Polda Banten.Rabu (1/11/2017)

Target utama Oprasi Zebra tersebut adalah pengendara sepeda motor yang tidak memiliki surat – surat kendaraan, pengendara melawan arus, pelat nomer tidak sesuai aslinya, pengendara atau penumpang yang tidak mengenakan helm, motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi), harus nyala lampu besar di siang hari,melanggar lampu merah, melanggar marka jalan, dan naik motor lebih dari dua orang.

Sementara untuk pengendara mobil ada enam sasaran, yakni pelat nomer tidak sesuai aslinya,simbul pada pelat nomer,pakai rotator atau sirene pada mobil pribadi,tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah,serta melanggar marka jalan.

“,Polisi lalu lintas berhak untuk menindak pengendara bermotor siapa saja yang melanggar aturan berlalu lintas dan hak telah diatur dalam Peraturan Pemerintah no 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan  bahwa Oprasi Zebra dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya. “Kami mengingatkan kepada masyarakat agar melengkapi kendaraanya dengan surat surat dan SIM dan mengenakan helm,” kilahnya.

Editor Hendra Usmaya

(Visited 6 times, 6 visits today)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.