Pejabat Moskow mengatakan negara Barat berupaya untuk menolak Piala Dunia Rusia

Pejabat Moskow mengatakan negara Barat berupaya untuk menolak Piala Dunia Rusia
Rostov-on-Don Hak atas foto Reuters Image caption Rostov-on-Don merupakan salah satu kota di Rusia yang jadi penyelenggara Piala Dunia

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova menuduh Inggris dan Amerika Serikat berupaya untuk menghentikan negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia pada musim panas ini.

Berbicara dalam wawancara panjang dengan saluran TV Rusia, dia mengatakan bahwa "tujuan utama" meraka adalan untuk "mengambil Piala Dunia keluar dari Rusia".

Inggris berupaya untuk menghukum Rusia setelah menuduhnya atas serangan zat saraf di Inggris.

Sebagai bagian dari respon pemerintah Inggris terhadap dugaan tersebut, Keluarga Kerajaan akan menghindari ajang Piala Dunia.

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson telah mengaitkan Piala Dunia Rusia dengan Olimpiade 1936 Nazi Jerman. Dan salah satu anggota oposisi parlemen Inggris menyerukan agar Piala Dunia ditunda atau dipindahkan.

Rusia akan usir diplomat Amerika Serikat sebagai pembalasan Kasus racun mantan mata-mata: NATO turut mengusir diplomat Rusia Australia bergabung dalam gelombang pengusiran para diplomat Rusia

Bagaimanapun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda tim Inggris akan memboikot kejuaraan bergengsi, yang akan dibuka pada Juni nanti.

Sejumlah diplomat telah diusir dari dua pihak, karena perselisihan masalah kasus racun terhadap mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia di Salisbury Inggris pada 4 Maret lalu.

Dalam perkembangan terakhir, sekitar 170 diplomat Rusia dan anggota keluarganya meninggalkan Washington pada Jumat malam.

Pada saat yang sama, bendera AS di konsulat Amerika di St Petersburg diturunkan menyusul instruksi pemerintah Rusia agar menutup .

Hak atas foto AFP Image caption Sekitar 170 diplomat Rusia dan anggota keluarganya meninggalkan Washington pada Jumat malam. Pada saat yang sama, bendera AS di konsulat Amerika di St Petersburg diturunkan.

Apa yang dikatakan Zakharova?

Berbicara di Channel 5 TV Rusia, Zakharova mengatakan: " Ini merupakan kesan saya bahwa yang mereka pedulikan hanya mengenai Piala Dunia keluar dari Rusia.

"Mereka akan mengunakan berbagai cara. Dalam pikiran mereka hanya sepakbola dan Tuhan melarangnya menyentuh lapangan sepakbola Rusia."

Rusia membantah terlibat dalam kasus keracunan yang menimpa Skripal.

Skripal masih berada dalam kondisi kritis namun stabil, sementara putrinya disebutkan telah sadarkan diri dan dapat berbicara.

Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran telah mengatakan akan mempertimbangkan permintaan konsuler Rusia untuk mendapatkan akses pada Yulia, yang merupakan warga negara Rusia.

Pembalasan Inggris: 23 diplomat Rusia diusir terkait upaya pembunuhan eks mata-mata Inggris masuk 'grup aman' di Piala Dunia Rusia 2018

Apa yang menjadi latar belakang perselisihan?

Perselisihan mengenai keracunan telah terjadi selama hampir satu bulan.

Inggris berkeras Rusia berada di balik keracunan Skripals.

Pada Kamis lalu, Sekjen PBB Antonio Guterres menerbitkan peringatan mengenai "sebuah situasi yang mirip, sebagian besar, dengan apa yang terjadi selama Perang Dunia".

Rusia mengatakan berupaya untuk bertemu dengan para pemimpin Organisasi untuk urusan Pelarangan Senjata Kimia PRCW untuk "menegakkan kebenaran" mengenai peristiwa keracunan tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.