Arsene Wenger akan tinggalkan Arsenal akhir musim ini

Arsene Wenger akan tinggalkan Arsenal akhir musim ini
Arsenal, Arsene Wenger Hak atas foto PA Image caption Ditunjuk memimpin Arsenal sejak 1 Oktober 1996, Arsene Wenger menjadi manajer terlama di Liga Primer Inggris.

Arsene Wenger akan meninggalkan Arsenal pada akhir musim ini, menutup kariernya di klub London utara tersebut selama 22 tahun.

Manajer asal Prancis itu akan mundur setahun sebelum kontraknya berakhir.

Arsenal berada di peringkat enam klasemen sementara Liga Primer dan sudah pasti tidak akan masuk empat besar lagi untuk dua musim berturut-turut, untuk lolos ke Liga Champions.

Namun mereka masih punya peluang untuk bertanding di liga elite itu jika meraih gelar juara di Liga Eropa.

Thierry Henry penyebab kepindahan Alexis Sanchez ke MU? Mkhitaryan sepakat ke Arsenal, Alexis Sanchez ke Manchester United Arsenal pecahkan rekor transfer demi gaet penyerang Prancis

Kamis (26/04) mendatang, mereka akan turun dalam semi final Liga Eropa melawan Atletico Madrid dengan laga pertama di Stadion Emirates London.

"Saya bersyukur karena mendapat keistimewaan untuk melayani klub selama bertahun-tahun yang penuh kenangan," kata Wenger. "Saya mengelola klub ini dengan penuh komitmen dan integritas."

"Kepada semua pecinta Arsenal, jagalah nilai-nilai klub."

Hak atas foto PA Image caption Bersama Wenger, Arsenal meraih gelar ganda Liga Primer dan Piala FA tahun 1998 dan 2002.

_________________________________________________________________

Mantan manajer klub Jerman Borussia Dortmund, Thomas Tuchel sudah dikait-kaitkan dengan posisi ini, sementara Wenger mengatakan mantan gelandang Arsenal, Patrick Vieira, 'punya potensi' untuk meneruskannya.

Tuchel merupakan calon favorit di rumah-rumah judi, di atas pelatih timnas Jerma, Joachim Low, serta mantan manajer Real Madrid dan Chelsea, Carlo Ancelotti.

"Kami punya ambisi untuk membangun didasarkan pada masa Arsene yang memukau dan menghormati visinya dengan menjamin Arsenal bersaing untuk kemenangan terbesar dan terpenting dalam pertandingan," jelas Stan Kroenke, pemegang saham terbesar Arsenal.

_________________________________________________________________

Arsenal mengatakan bahwa penerusnya akan ditunjuk 'secepat mungkin'.

Di bawah kepemimpinan Wenger, Arsenal merebut tiga gelar Piala Liga dan tujuh Piala FA, termasuk gelar ganda pada tahun 1998 dan 2002.

Pria berusia 68 tahun tersebut ditunjuk membina Arsenal pada 1 Oktober 1996 dan menjadi manajer terlama di Liga Inggris dengan rekor 823 pertandingan.

Hak atas foto PA Image caption Dalam dua musim terakhir, sejumlah pendukung Arsenal mulai mengungkapkan ketidakpuasan atas penampilan Arsenal di bawah Wenger.

Namun sejumlah pendukung mendesak agar dia diganti karena penampilan klub yang buruk dalam dua tahun terakhir.

Kekalahan 1-2 dari Newcaslte pada Minggu (15/04) merupakan yang ke-11 di Liga Primer pada musim ini, yang mengulangi catatan terburuk sebelumnya di bawah Wenger.

The Gunners biasanya menghabiskan dana yang lebih sedikit dibanding klub-klub besar saingan utamanya di Liga Primer namun musim ini, Wenger memecahkan dua kali rekor termahal klub untuk merekrut pemain baru.

Keduanya untuk pemain asal Prancis, Alexandre Lacazette, dengan nilai £46,5 juta pada musim panas 2017 lalu yang kemudian dipecahkan lagi untuk penyerang dari Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, senilai £56 juta pada Januari 2018.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.