Wawako Pangkalpinang: Efektif Berantas Penambang Ilegal, Jika Ada Penindakan Hukum

Oleh; Herman Saleh

wawako Pangkal pinang M. SopianWawako Pangkalpinang M. Sopian

PANGKALPINANG, AMUNISINEWS.COM—- Wakil Walikota Pangkalpinang, M Sopian mengatakan langkah efektif dalam memberantas penambangan ilegal di Pangkalpinang harus dilakukan dengan penindakan hukum.

Menurutnya, dengan adanya penindakan hukum yang tegas terhadap penambang, diharapkan timbulnya efek jera bagi mereka sehingga tidak lagi melakukan penambangan ilegal di Pangkalpinang.

” Jika kita hanya mengandalkan Sat Pol PP saja maka hal ini tidak akan tuntas karena sanksinya ringan sekali, namun apabila ada tindakan hukum dari pihak terkait saya rasa penambangan ilegal pasti bisa diatasi, minimal mengurangi, ” ungkap Sopian kepada wartawan, Senin (23/10/2017).

Lebih lanjut Sopian mengatakan, Selain hal tersebut mengingat alasan klasik penambangan ilegal ini adalah masalah ekonomi, maka aparat penegak hukum, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi harus duduk bersama untuk mencarikan solusi.

” Karena hal ini tidak bisa diselesaikan seorang diri, namun sinegritas seluruh komponen masyarakat , baik pemerintah, aparat penegak hukum sampai elemen masyarakat terkecil harus mengambil peran masing masing sehingga permasalahan ini terselesaikan, ” ujarnya.
Kemudian Sopian Menegaskan sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa di wilayah perkotaan tidak ada kawasan pertambangan termasuk Pangkalpinang.

” Jadi revisi perda ataupun perwako RTRW saya rasa tidak akan bisa dilakukan karena mengingat wilayah perkotaan tidak diperbolehkan adanya kawasan pertambangan, ” pungkasnya.

editor: maliki hd

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.