Mak Eneng yang Disambangi Gubernur DKI Saat Dirawat di Panti

Oleh : Rukmana

AMUNISINEWS.COM, Jakarta – Mak Eneng, seorang nenek renta yang hidup sebatangkara ini telah dirawat di panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Sebelumnya, nenek ini sempat disambangi Gubernur Anies Baswedan pada saat kampanye di daerah Kp. Beting Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Adji Antoko mengemukakan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) dan paramedis Kelurahan Tugu Utara menindaklanjuti adanya informasi mengenai Mak Eneng yang hidup sebatang kara dan telantar.

“Petugas kami tanya ke Mak Eneng apakah mau tinggal di panti? Si Mak langsung dengan tegas menjawab ya mau,” kata Adji saat dihubungi pada Rabu (25/10).

Ia sedang, lanjutkan ke Makasih ke panti karena melihat kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan. So menurutnya, lebih baik dibawa ke panti agar terpenuhi kebutuhannya.

Di panti, Mak Eneng akan mendapatkan layanan sosial seperti pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan dan minum, pakaian, kasur, dan sebagainya.

“Kondisi Mak Eneng sangat memprihatinkan. Selain tidak memiliki keluarga juga tempat tinggal yang ditempati tidak layak,” terang Adji.

Bahkan, katanya, saat hujan turun tinggal di tempat tinggal Mak Eneng kebanjiran karena memang kawasan itu rendah. Bila terkena banjir diungsikan di pos ronda milik RT setempat.

Kesehatan Mak Eneng pun udah menurun. Penglihatannya berkurang karena memang sudah uzur.

Diperkirakan usianya saat ini lebih dari 80 tahun. Namun, di KTP tertera kelahiran 1960 karena ia tidak ingat tahun kelahirannya.

Dahulu Mak Eneng sempat bekerja sebagai tukang pijat. Namun setelah terjadi kecelakaan beberapa tahun lalu, dia tidak bisa melihat dan tidak bisa melakukan aktivitas lainnya

Bahkan untuk buang air besar atau kecil, Mak Eneng melakukan di sekitar rumah panggungnya. Begitu ada bau tak sedap kala siapapun datang ke tempat tinggalnya.

“Kalau keperluan makan sehari-hari Mak Eneng dari belas kasih dari tetangganya. Para tetangga dan ketua RT setiap waktu bergantian memberi makan,” kata Adji.

Kondisi Mak Eneng sudah demensia. Saat selesai makan, ia kerap berteriak kalau dia lapar dan minta makan lagi.

Saat masa kampanye calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat menyambangi Mak Eneng dan akan terjerat kasus ini.

“Mak Eneng akan kami rawat di Panti Sosial Tresna Werda milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Semoga saya betah dan kembali sehat,” kata Adji Antoko.

Editor : Ryan S.

(Visited 21 times, 21 visits today)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.